Kendang Sentul Blitar

0
151

Pusat kerajinan kendang sentul terletak di Desa Santren, Kecamatan Sentul, Kabupaten Blitar, sekitar tiga kilometer arah utara Kota Blitar. Nama sentul diambil dari nama desa tempat kerajinan tersebut dibuat. Sebagian besar warga desa melakukan usaha kerajinan ini. Di sepanjang jalan desa banyak sekali terdapat mesin bubut kayu dengan berbagai modifikasi dan ukuran. Produk kerajinan kendang ini sudah merambah pasar ekspor antara lain Eropa, Amerika, Afrika, dan negara-negara lain di Asia.

Kendang sentul terbuat dari kayu mahoni. Bahan baku kayu didatangkan dari Jepara, Blitar, dan beberapa kota lainnya. Kayu mahoni dipilih karena teksturya yang halus dan lunak sehingga mudah dalam hal pengerajannya. Selain kayu bahan lainnya adalah kulit kambing untuk menutup salah satu sisi kendang agar bisa menghasilkan bunyi. Kulit kambing dipilih karena paling cocok dari segi ekonomi dan kelenturannya. Kulit kambing didatangkan dari Solo, Yogyakarta, dan Magetan, tetapi yang terkenal paling bagus kualitasnya adalah dari Solo.

Kerajinan kendang sentul telah menjadi ikon Kota Blitar dan telah mengangkat nama Desa Santren di tingkat nasional maupun internasional. Industri kerajinan yang menyerap banyak tenaga kerja ini  juga telah mengangkat perekonomian masyarakat desa tersebut karena hampir semua warga desa bergantung pada industri kerajinan ini. Setiap industri rumahan paling tidak bisa mempekerjakan 15—25 tenaga kerja. Belum lagi yang bekerja sebagai tenaga tambahan yang diperlukan jika kebutuan tenaga perajin dirasa kurang akibat pesanan yang melimpah. Pendeknya roda ekonomi desa berputar karena adanya industri kendang.

* Sumber: Izzak, Arif. Pesona Jawa Timur. 2013. Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur

BAGIKAN
Artikel SebelumnyaHASAN ALI
Artikel SelanjutnyaM. Dradjid

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini