Pengumuman Pemenang Lomba Bercerita bagi Siswa SD/MI Dan SMP/MTs. Negeri dan Swasta se-Jawa Timur, Serta Lomba Video Kreatif bagi Siswa SMA/SMK/MA Negeri dan Swasta se-Jawa Timur

0
279

Sidoarjo – Hari Bahasa Ibu Internasional diperingati setiap tanggal 21 Februari sejak tahun 2000. Peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional ini ditetapkan oleh Unesco pada 17 November 1999. Gagasan awal peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional lahir dari inisiatif seorang warga Bangladesh yang bersurat kepada Kofi Annan, Sekjen PBB pada waktu itu, agar PBB melakukan tindakan penyelamatan terhadap bahasa-bahasa di dunia.

Dalam rangka memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional Tahun 2021, Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur menggelar kegiatan Lomba Bercerita bagi Siswa SD/MI dan SMP/MTs. Negeri dan Swasta se-Jawa Timur dan Lomba Video Kreatif bagi Siswa SMA/SMK/MA Negeri dan Swasta se-Jawa Timur. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menggali potensi generasi muda agar memiliki sikap positif dan cinta bahasa dan budaya daerah, meningkatkan kesadaran dan kepedulian siswa terhadap Bahasa Ibu, meningkatkan minat dan kemampuan siswa berkreasi dan bercerita serta membuat video kreatif, menumbuhkembangkan budaya literasi, dan mengembangkan aktivitas menulis kreatif. Kegiatan ini diawali dengan pendaftaran dan pengunggahan video pada tanggal 15—28 Februari 2021, penilaian pada tanggal 2—5 Maret 2021, dan pengumuman pada tanggal 8 Maret 2021.

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini di luar perkiraan panitia disebabkan oleh singkatnya waktu pendaftaran. Total peserta 406 siwa yang mengirimkan video ke tautan panitia. yang terdiri atas 170 peserta SD/MI, 191 peserta SMP/MTs., dan 45 peserta SMA/SMK/MA.

Setelah dilakukan penilaian dan diskusi panjang, Dewan Juri yang terdiri atas akademisi, praktisi, budayawan, kepala dan staf BBJT memutuskan pemenang Lomba Bercerita bagi Siswa SD/MI Negeri dan Swasta se-Jawa Timur adalah:

  1. Olivia Tahtayuning K.  (SDN 3 Pulung, Ponorogo)
  2. Jilan Athaya Ilaiah (SDN Gunongsekar 1, Sampang)
  3. Sukma Ayu (SDN Pacitan)
  4. Nathania Zakya Dewi A. (SDN Gedongan 1 Mojokerto)
  5. Irma Febrianti (SDN Gedongan 1 Mojokerto)
Pemenang Lomba Bercerita bagi Siswa SD/MI Negeri dan Swasta se-Jawa Timur

Untuk Lomba Bercerita bagi Siswa SMP/MTs. Negeri dan Swasta se-Jawa Timur dimenangkan oleh:

  1. Af Ida Nurotul Bayti (SMPN 1 Plumpang Tuban)
  2. Adinda Nurlatifa O. (SMP Islam Al Amal Surabaya)
  3. Auliyah Zakiyatul Rosyidah (MTs. Negeri 2 Kota Blitar)
  4. Artika Dwipa Madurani (SMPN 1 Torjun, Sampang)
  5. Nandini Aulia Arifanny (SMPN 1 Kota Mojokerto)
Pemenang Lomba Bercerita bagi Siswa SMP/MTs. Negeri dan Swasta
se-Jawa Timur

dan untuk Lomba Video Kreatif bagi Siswa SMA/SMK/MA Negeri dan Swasta se-Jawa Timur dimenaangkan oleh:

  1. Putri Nurul Azizah (SMAN 1 Srono, Banyuwangi)
  2. Nada Citra Anbar Wangi (SMAN 1 Pulung, Ponorogo)
  3. Dio Nurkholis (SMAN Dawarblandong, Mojokerto)
  4. Ahmad Rifky Ramadhani (SMAN 2 Malang)
  5. Suada (SMAN 1 Ketaapang, Sampang)
Pemenang Lomba Video Kreatif bagi Siswa SMA/SMK/MA Negeri dan Swasta
se-Jawa Timur

Selamat kepada para pemenang lomba dan kepada para peserta yang belum berhasil tidak perlu kecewa, masih ada kesempatan yang lain.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini