PENYULUHAN KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA BAGI GURU SMA/MA DI SURABAYA DAN SIDOARJO

0
103
Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur bersama Peserta Penyuluhan Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Guru SMA/MA di Surabaya dan Sidoarjo

Kemahiran dalam berbahasa Indonesia khususnya bagi para guru dan pendidik merupakan cerminan sikap dan kompetensi penggunanya. Oleh karena itu, diperlukan sikap positif, yaitu sikap tertib berbahasa, agar penggunaan bahasa para guru dan pendidik sesuai dengan ketentuan dan kaidah kebahasaan yang berlaku. Selain itu, pengetahuan dan wawasan tentang bahasa Indonesia guru dan pendidik harus terus-menerus ditingkatkan agar mutu penggunaan bahasa Indonesia mereka semakin baik. Penguatan kompetensi berbahasa Indonesia bagi guru ini juga ditujukan untuk kepentingan akademik yakni penulisan karya tulis ilmiah.

Meskipun upaya pemartabatan bahasa Indonesia sudah banyak dilakukan, masih sering kita jumpai penggunaan bahasa yang kurang tertib dan taat aturan sehingga mengurangi martabat dan marwah bahasa Indonesia sebagai bahasa negara.. Akibatnya, ketertiban umum dalam berbahasa terganggu, terancam, atau terhambat pembinaannya. Demikian pula dengan kemampuan dan kemahiran para guru dalam berbahasa Indonesia, harus ditingkatkan terus-menerus karena mereka adalah role model bagi siswa-siswa didik mereka khususnya dalam hal tertib berbahasa. Penyuluhan kemahiran berbahasa Indonesia bagi para guru bahasa Indonesia SMA/MA di Surabaya ini dilaksanakan di Ruang Deteksi, Gedung Graha Pena selama dua hari, mulai tanggal 5 sampai 6 April 2021. Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Sidoarjo, Dr. Tirto Adi dan dihadiri pula oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur, Dr. Asrif, M.Hum. Kegiatan penyuluhan kemahiran berbahasa Indonesia ini diikuti oleh 50 peserta yang terdiri atas guru Bahasa Indonesia SMA/MA di wilayah Sidoarjo dan Surabaya. (AIZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini