VISI DAN MISI BALAI BAHASA PROVINSI JAWA TIMUR

    0
    108

    Visi Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur sebagaimana tercantum dalam rencana strategis tahun anggaran 2020—2024 mengacu pada visi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diturunkan dari visi Presiden, yaitu

    Terwujudnya ekosistem pengembangan dan pembinaan bahasa yang mendukung budaya riset dan inovasi kebahasaan yang kreatif, budaya literasi masyarakat yang tinggi, penguatan praktik diplomasi kebahasaan yang maju dan pelindungan bahasa dan sastra yang dinamis berdasarkan politik dan perencanaan bahasa baru.

    Untuk mencapai visi tersebut, Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur menetapkan misi dengan mengacu pada misi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa sebagai berikut.

    1. Mewujudkan ekosistem pengembangan dan pembinaan bahasa dan sastra yang mendukung budaya riset dan inovasi kebahasaan yang kreatif.
    2. Mewujudkan praktik-praktik pendidikan literasi dan masyarakat untuk meningkatkan budaya literasi yang tinggi yang ditopang oleh teknologi digital.
    3. Mewujudkan penguatan diplomasi kebahasaan yang maju.
    4. Mewujudkan pelindungan bahasa dan sastra yang dinamis berbasis kekuatan masyarakat.
    5. Mewujudkan layanan profesional kebahasaan.

    Dalam bidang kebahasaan dan kesastraan, misi tersebut dijadikan pijakan untuk mengembangkan, membina, dan melindungi bahasa dan sastra sebagai sarana peningkatan kualitas sumber daya manusia yang didukung oleh tata kelola yang efektif.

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini