UJI KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA (UKBI)

0
76

Apakah UKBI itu?

Uji Kemahiran Berbahasa IndonesiaΒ  (UKBI) adalahΒ  tes standarΒ  untuk mengukur kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia lisan dan tulis. UKBI dikembangkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyetarakan bahasa Idonesia agar sejajar dengan bahasa –bahasa besar di dunia. Sebagai bangsa yang memiliki bahasa modern yang multifungsi dan memiliki jumlah penutur yang besar, bangsa Indonesia harus memiliki sarana evaluasi mutu penggunaan bahasa Indonesia. Tanpa menafikan peran wahana lain, UKBI memiliki fungsi yang amat strategis, tidak hanya untuk meningkatkan kualitas bahasa Indonesia serta penggunaan dan pengajarannya, tetapi juga untuk memupuk sikap positif dan rasa bangga masyarakat terhadap bahassa Indonesia. Penggunaan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) di masyarakat telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan KebudayaanΒ  Nomor 70 Tahun 2016 tentang Standar Kemahiran Berbahasa Indonesia. Hak Cipta UKBI tertuangΒ  di dalam Surat Pendaftaran Ciptaan Kementerian Hukum dan HamΒ  Nomor 0239993 dan 023994 tertanggal 8 Januari Tahun 2004 dan telah diperbarui pada tahun 2011 atas nama Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Apakah UKBI Adaptif itu?

UKBI Adaptif merupakan tes untuk mengukur kemahiran berbahasa penutur bahasa Indonesia yang desain ujinya disesuaikan dengan estimasi kemampuan peserta uji, mulai dari kemahiran terendah hingga kemahiran tertinggi. UKBI Adaptif dikembangkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan ujinya dilakukan secara daring.

Apa yang diujikan dalam UKBI?

UKBI menguji kemahiran seseorang dalam memahami dengaran dan bacaan serta kemahiran seseorang untuk menulis dan berbicara. Selain itu, UKBI juga menguji pemahaman seseorang dalam penerapan kaidah bahasa Indonesia.

Siapa yang dapat menjadi peserta UKBI?

Setiap penutur bahasa Indonesia, baik penutur jati maupun penutur asing, dapat menjadi peserta UKBI.

Apa yang diperoleh peserta setelah menempuh UKBI?

Peserta akan memperoleh laporan hasil uji berupa sertifikat yang diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap tentang UKBI dan untuk pendaftarannya , silakan Anda membuka laman ukbi.kemdikbud.go.id

UKBI Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur

IG: ukbi.balaibahasajatim

Narahubung: Siti Komariyah (Ria) 085257634665

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini