BIMBINGAN TEKNIS PEWARA BAHASA JAWA

Sidoarjo – KKLP Penerjemahan Balai Bahasa Proivnsi Jawa Timur melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Pewara Bahasa Jawa pada tanggal 4—5 Desember 2021. Kegiatan Bimtek Pewara Bahasa Jawa ini diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari komunitas dan lembaga budaya dan sastra yang ada di wilayah Sidoarjo dan Surabaya.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur, Dr. Asrif, M.Hum yang didampingi oleh Ketua PAPASID, Bapak Rachmat Budi Utomo dan salah satu narasumber Bapak Suripno.  Dalam sambutannya Dr, Asrif, M.Hum. menyatakan bahwa Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur melalui KKLP Penerjemahan akan terus melakukan upaya pelindungan bahasa dan sastra daerah, salah satu upaya tersebut adalah melaksanakan bimbingan teknis pewara berbahasa Jawa. Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi dan mengembangkan kualitas pewara berbahasa Jawa.

Sedangkan ketua PAPASID dalam sambutannya mengutip tulisan Pakubuwono IV dalam Serat Wulangreh yang berbunyi “Ngelmu Iku Kelakone Kanthi Laku” artinya bahwa ilmu akan bermanfaat dan bermakna apabila ilmu itu diterapkan dan diajarkan. Bimbingan Teknis Pewara Bahasa Jawa ini merupakan salah satu sarana penerapan dan pengembangan ilmu. Ia berharap kegiatan Bimtek ini terus berjalan dan berkelanjutan.

Narasumber pada hari pertama dalam kegiatan yang berlangsung di Hotel Luminor, Sidoarjo, ini adalah Suripno (Nus Nugroho) yang memberikan materi tentang Dasar-Dasar menjadi Pewara/Pambiwara dan Rachmat Budi Utomo, dengan materi Bahasa Pewara/Pambiwara. Pada hari kedua, kegiatan diisi dengan materi Tata Busana Pewara/Pambiwara, yang disampaikan oleh Parto Permono dan Praktik Pewara Berita (Televisi), yang disampaikan oleh Rafiqa Amalia dari JTV.

Di akhir kegiatan Bimbingan Teknis Pewara Berbahasa Jawa ini, Dwi Laily Sukmawati, M.Hum., ketua kegiatan menyampaikan apresisasi setinggi-tingginya atas antusiasme para peserta bimtek. (AM)

Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.