Vaksin menjadi Kata Paling Populer Tahun Ini Versi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

0
100

Jakarta – Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Prof. Dr. E. Aminudin Aziz, M.A., Ph.D., dalam acara Taklimat Media yang diselenggarakan oleh Badan Bahasa  di Gedung Kemendikbudristek, Jakarta, Selasa, 28 Desember 2021 mengumumkan kata ‘vaksin’ sebagai Kata Tahun Ini (KTI) 2021, setelah sebelumnya kata ‘milenial’ dan kata ‘pandemi’ yang menjadi KTI 2019 dan 2020. Kata Tahun Ini telah dikembangkan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa sejak tahun 2019. KTI adalah kata atau istilah yang ada dalam KBBI dan dipilih karena dapat mewakili fenomena yang paling mendominasi sepanjang tahun.

Kata vaksin ditetapkan sebagai KTI 2021 berdasarkan data dari dari Google Trends serta luasnya persebaran kata tersebut. Meski bukan kata baru di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), penggunaan kata vaksin semakin populer di kalangan masyarakat sejalan dengan semakin gencarnya pemerintah melakukan program vaksinasi di seluruh Indonesia.

“Sejalan dengan gencarnya pemerintah melakukan vaksinasi, banyak masyarakat yang menggunakan kata ini dalam kesehariannya. Fenomena ini membuat kata vaksin sering digunakan sepanjang tahun,” kata Aminudin Aziz. Menurutnya beberapa topik yang berkaitan dengan kata vaksin di mesin pencarian Google adalah peduliLindungi, sertifikat vaksin, lokasi vaksin terdekat, efek vaksin, dan jenis-jenis vaksin. (KU)

Foto: Dokumentasi Kemdibudristek

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini