Penyegaran Kemampuan Berbahasa Indonesia bagi Konseptor Surat Dinas di Kab. Jombang

0
90

F-MGMP (Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Bahasa Indonesia Se-Kabupaten Jombang menggelar kegiatan “Penyegaran Kemampuan Berbahasa Indonesia bagi Konseptor Surat Dinas”, Selasa, 22 Februari 2022. Kegiatan yang didukung oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur, PGRI Kab. Jombang, Kementerian Agama Wilayah Jombang, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kab. Jombang, dan SMKN 2 Jombang diikuti oleh para konseptor surat dinas dari berbagai lembaga di bawah naungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten Jombang, dan Kementerian Agama yang ada di Kabupaten Jombang. Sekitar 40 peserta mengikuti kegiatan secara luring di aula SMKN 2 Jombang dan sebagian lainnya mengikuti secara daring.

Pada acara pembukaan Sri Hartati, S.Sos., M.M. yang menjabat Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kab. Jombang, menyatakan keprihatinan atas sering terjadinya kesalahan berbahasa dalam naskah surat dinas. “Penyusun konsep wajib memiliki kompetensi kebahasaan yang memadai. Harus menghindari kekeliruan berbahasa agar isi surat dapat dipahami oleh pembaca surat,” ujar Sri Hartati. Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua PGRI Kab. Jombang, Jumadi, S.Pd., M.Si. bahwa penyusun konsep surat dinas perlu terus memperkaya khazanah bahasa yang baik dan benar, juga menggunakan format surat yang baku, sesuai aturan.

Kepala Balai Bahasa Jawa Timur, Dr. Asrif, M.Hum. yang menjadi narasumber tunggal pada kegiatan penyegaran berbahasa ini mengulik bahasa ragam surat dinas, membedah surat dinas yang dimiliki peserta, serta membuka ruang diskusi bersama seluruh peserta. Asrif mengapresiasi kegiatan yang diketuai Bapak Muslich Hasyim, M.M.Pd. (Ketua F-MGMP Bahasa Indonesia Kab. Jombang). “Ini kegiatan yang luas biasa. Saya mengapresiasi tinggi kegiatan ini. MGMP, Cabang Dinas Wilayah, dan PGRI sangat kompak dan merencanakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi para konseptor surat dinas,” salut Asrif. Muslich Hasyim, M.M.Pd. yang menjadi pelaksana kegiatan berharap kegiatan serupa terus terlaksana dan terjalin bersama Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur. Balai Bahasa diharapkan dapat turut bersama-sama dengan para pemangku di Kabupaten Jombang untuk meningkatkan kompetensi konseptor surat dinas, guru, atau pihak-pihak yang ingin menambah wawasan kebahasaan dan kesastraan. (AS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini