BBP Jatim Selenggarakan Bimtek bagi Calon Pengajar BIPA di Jawa Timur

Dalam rangka memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar bagi para dosen calon pengajar BIPA di perguruan tinggi di Jawa Timur agar siap mengajar di instansi/lembaganya, Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur (BBP Jatim) menyelenggarakan Bimtek Calon pengajar BIPA Tingkat Dasar. Kegiatan yang dilaksakana di Hotel Aria Centra Surabaya pada 17—19 Maret 2022 ini diikuti oleh 24 orang peserta dari delapan perguruan tinggi yang telah memiliki mahasiswa asing namun belum memiliki program BIPA dan berencana untuk membuka program BIPA di instansinya.

BBP Jatim kembali menggandeng APPBIPA Jawa Timur dalam kegiatan Bimtek Calon Pengajar BIPA Tingkat Dasar itu. Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur telah bermitra dengan APPBIPA Jawa Timur sejak tahun 2016, salah satunya dengan menjadikan pengurus/anggota APPBIPA Jawa Timur sebagai narasumber dalam kegiatan Ke-BIPA-an yang diselenggarakan oleh BBP Jatim. Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Dr. Gatut Susanto, M.M., M.Pd. (Ketua APPBIPA Jatim/Dosen Universitas Negeri Malang), Hertiki, M.Pd. (Pengajar BIPA Badan Bahasa/Dosen UNIPA Surabaya, Prayit Tri Laksono, M.Pd. (Pengajar BIPA Badan Bahasa/Dosen UNISMA), Nissa Rahma Aprillia, M.A., M.Pd. (Pengajar BIPA Badan Bahasa/Dosen Universitas Negeri Malang), Agnes Suprihatin, M.Pd. (Pengajar BIPA Badan Bahasa/Dosen ISP STIE Malang Kucecwara), dan Awaludin Rusiandi, M.A. (Pengajar BIPA Badan Bahasa/Penerjemah Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur). Para narsumber tersebut adalah pengurus dan anggota APPBIPA Jawa Timur

Kegiatan Bimtek Calon Pengajar BIPA Tingkat Dasar tersebut dibuka oleh Dr. Iwa Lukmana, M.A, Kepala Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa secara daring melalui aplikassi zoom. Dalam arahannya Dr. Iwa Lukmana, M.A. berharap agar dengan berdirinya lembaga-lembaga BIPA baru bahasa Indonesia akan semakin mendunia. Kepala BBP Jatim, Dr. Asrif, M.Hum. dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada APPBIPA Jawa Timur atas sinergi yang telah dibangun selama ini. BBP Jatim akan selalu mendukung dan memfasilitassi perguruan tinggi-perguruan tinggi yang hadir dalam bimtek tersebut jika akan membuka progam BIPA. (KU)

Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.