BADAN BAHASA DAN UIN SUNAN AMPEL SURABAYA TEKEN KERJA SAMA

Bogor – Dalam rangka mendukung pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya dan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) menyepakati kesepahaman kerja sama. Dalam kerja sama itu, Badan Bahasa dan UIN Sunan Ampel Surabaya menyepakati sejumlah poin seperti pemagangan mahasiswa, penulisan jurnal, pelaksanaan UKBI, penerjemahan, kerja sama ahli bahasa, dan pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur.

Penandatanganan kerja sama antara Badan Bahasa dan UIN Sunan Ampel Surabaya berlangsung di Grand Mulya Bogor Resort, Rabu, 30 Maret 2022. Kerja sama ditandatangani oleh Prof. H. Masdar Hilmy, S.Ag., MA., Ph.D. yang merupakan Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya dan Hafidz Muksin, S.Sos. yang merupakan Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan mewakili Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Selain Rektor, turut hadir sejumlah pejabat UIN Sunan Ampel Surabaya yakni Dr. Muhid, M.Ag. (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama), Hj. Emy Tyartiani, S.E. (Koordinator Bidan Kerja Sama dan Humas), M.M., Dr. H. Agus Aditoni, M.Ag. (Dekan Fakultas Adab dan Humaniora), dan Siti Rumilah, S.Pd., M.Pd. (Sekretaris Program Studi Sastra Indonesia). Sebaliknya, sejumlah pejabat Badan Bahasa yang menghadiri penandatanganan itu antara lain Dr. Iwa Lukmana (Kepala Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa), Drs. Imam Budi Utomo, M.Hum.(Kepala Pusat Pengembangan dan Pelindungan), Dr. Asrif, M.Hum. (Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur), dan Ary Setyorini, S.Pd. (Kasubbag TU Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur).

Hafidz Muksin dalam arahannya menyampaikan bahwa kerja sama tersebut dibangun sebagai bentuk kemitraan Badan Bahasa dan UIN Sunan Ampel dalam pengembangan kebahasaan dan kesastraan di Jawa Timur, termasuk dalam implementasi program MBKM. Rektor UIN Sunan Ampel mengapresiasi tercapainya kesepakatan kerja sama dan mengapresiasi sambutan luar biasa dari Badan Bahasa. Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur, Asrif, menjelaskan bahwa Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur siap memfasilitasi dan membimbing mahasiswa yang akan magang, termasuk yang akan mengikuti proses pembelajaran di luar Perguruan Tinggi. (AS)

Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.