Sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka di Kabupaten Sidoarjo

KKLP UKBI Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur melaksanakan kegiatan Sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka di Kabupaten Sidoarjo pada 19 Mei 2022 di Hotel Fave Sidoarjo. Sama halnya dengan kota/kabupaten lain, sosialisasi yang diadakan oleh Tim KKLP Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur tersebut menyasar ke insan pendidikan. Hal tersebut dimaksudkan agar lebih banyak pelajar dari sekolah menengah yang dapat mengikuti UKBI Adaptif Merdeka.

Untuk mewujudkan misi tersebut, kegiatan yang diadakan sehari itu mengundang 40 peserta yang merupakan Kepala SMPN di Kabupaten Sidoarjo. Pimpinan dari beberapa sekolah tersebut dapat menggerakkan program UKBI Adaptif Merdeka di sekolah masing-masing. Hal tersebut didukung sepenuhnya oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur. seperti yang telah disampaikan oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur, Dr. Asrif, M.Hum. dalam sambutannya. Sambutan tersebut disampaikan saat pembukaan kegiatan. Kegiatan dibuka oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur, Dr. Asrif, M.Hum., secara daring.

Antusisme peserta kegiatan menjadi lebih tinggi setelah adanya perhatian dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo. Perhatian tersebut berupa hadirnya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, Dr. Tirto Adi, M.Pd. sebagai narasumber. Dukungan dari pemangku kebijakan telah terwujud dari hadirnya para narasumber. Selanjutnya, dukungan teknis dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur juga menghadirkan Wenni Rusbiyantoro, M.Hum., Tim UKBI Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur.

Selain penguatan materi terkait UKBI, peserta juga berkesempatan untuk melakukan tes UKBI secara daring. Pelaksanaan tes UKBI diawali dengan pendaftaran yang seluruh proses pelaksanaannya didampingi oleh Tim UKBI Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur. (ASM)

Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.