Tim Kamus Balai Bahasa Jatim Terima Penghargaan

Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur menerima penghargaan dari Dewan Kesenian Blambangan (DKB). Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Ketua DKB (Bapak Hasan Basri) kepada Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur (Dr. Asrif, M.Hum.) pada acara pembukaan Lokakarya Hasil Inventarisasi Kosakata di Hotel Luminor Sidoarjo, pada 23 Mei 2022. Turut hadir dalam acara itu antara lain Dekan FKIP Universitas Banyuwangi, Koord. KKLP Perkamusan dan Peristilahan, dan Koord. KKLP Pelindungan dan Pemodernan, dan akademisi dan peneliti bahasa Oseng.
Ketua DKB, Bapak Hasan Basri mengapresiasi kinerja KKLP (Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional) Perkamusan dan Peristilahan Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur yang gigih menelusuri kosakata yang digunakan oleh masyarakat Banyuwangi untuk diajukan ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
“Balai Bahasa menaruh perhatian yang serius terhadap pelindungan bahasa yang digunakan oleh masyarakat Using. Kami merasakan suasana itu,” jelas Hasan Basri.
Dr. Asrif, M.Hum. menyampaikan terima kasih kepada Ketua DKB juga kepada para pegiat dan peneliti bahasa masyarakat Using yang telah aktif dan bersama-sama Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur melindungi dan mengembangkan bahasa masyarakat Using. Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur itu mengharapkan kerja sama yang telah berjalan dengan baik agar terus terjalin untuk berbagai program kebahasaan dan kesastraan.
Pada tahun 2022, Tim KKLP Perkamusan dan Peristilahan mengajukan 700 kosakata Using untuk dipertimbangkan menjadi kosakata baru dalam KBBI. (AS)

Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.