Lokakarya Hasil Inventarisasi Kosakata Bahasa Daerah di Jawa Timur

0
63

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melalui Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur melaksanakan kegiatan “Lokakarya Hasil Inventarisasi Kosakata Bahasa Daerah di Jawa Timur”. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memverifikasi kosakata yang akan diusulkan ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pada tahun ini, usulan kosakata bahasa daerah difokuskan pada kosakata bahasa Using Banyuwangi.

Kegiatan lokakarya ini dilaksanakan pada tanggal 23—25 Mei 2022 di Hotel Luminor Sidoarjo. Dalam kegiatan ini 730 kosakata telah diverifikasi oleh pekamus, penyuluh, peneliti, dan penutur jati. Selanjutnya, kosakata tersebut akan divalidasi sebelum diusulkan untuk memperkaya Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Pada kesempatan tersebut, Dewan Kesenian Blambangan (DKB) memberikan perhatian besar terhadap upaya pelindungan dan pelestarian bahasa daerah yang dilakukan Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur. Perhatian tersebut berupa pemberian piagam penghargaan kepada Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur melalui KKLP Perkamusan dan Peristilahan sebagai mitra dalam upaya pelindungan dan pelestarian bahasa daerah Banyuwangi. (ADS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini