Kunjungan MGMP Bahasa Indonesia Tingkat SMK Kabupaten Jombang

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia Tingkat SMK Kabupaten Jombang melakukan kunjungan ke Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur pada Jumat, 17 Juni 2022. Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur, Dr. Umi Kulsum, M.Hum. bersama Tim Jalinan Media Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur. Jumlah guru yang ikut dalam kunjungan tersebut sebanyak 32 orang. Kunjungan yang berlangsung hanya beberapa jam tersebut diisi dengan pembekalan materi-materi yang dapat mendukung tugas dan fungsi sebagai guru mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Dalam sambutannya, Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMK Jombang, Drs. Muslich Hasyim, M.M.Pd. menekankan bahwa kunjungan tersebut dalam rangka meningkatkan kerja sama antara Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur dengan MGMP Bahasa Indonesia yang selama ini telah terjalin. Kunjungan tersebut diharapkan sebagai momen untuk meningkatkan atau menyegarkan pengetahuan terkait kebahasaan dan kesastraan. Sebab, kerja sama yang selama ini berlangsung, berupa penyuluhan baik luring dan daring telah dilakukan oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur di beberapa daerah termasuk di Kabupaten Jombang.

Dr. Umi Kulsum, M.Hum. menyambut hal tersebut dengan baik. Apresiasi juga disampaikan dalam sambutannya kepada semua guru yang mengikuti kunjungan. Pada prinsipnya, Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur terbuka dengan semua pihak. Terutama kepada pihak-pihak yang mendukung perkembangan bahasa dan sastra di Jawa Timur, salah satunya MGMP Bahasa Indonesia. Sebagai bentuk apresiasi, Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur menyiapkan para narasumber yang berkompeten dalam kunjungan tersebut.

Materi Pembelajaran Sastra Berbasis Merdeka Belajar menjadi materi pertama yang disampaikan dalam pertemuan tersebut. Materi yang diampu oleh M. Oktavia Vidiyanti, M.Pd. tersebut menjadi angin segar bagi para guru untuk memperbarui pengetahuan terkait dunia pembelajaran. Selain itu, materi terkait Kosakata Bahasa Indonesia dan Perkembangannya juga menjadi perhatian tersendiri bagi peserta kunjungan. Dian Roesmiati, M.Hum. mengampu materi tersebut dengan tujuan agar peserta kunjungan menjadi lebih berhati-hati untuk memilih kata. Tidak hanya dua materi tersebut, Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) yang diampu oleh Siti Komariyah, S.Pd. menjadi materi yang tidak kalah pentingnya. UKBI Adaptif Merdeka menjawab tantangan zaman yang sekarang serba digital, sehingga baik penyelenggara maupun para peserta UKBI tidak perlu lagi repot karena tidak lagi bermedia kertas dan pensil seperti dahulu.

Kunjungan MGMP Bahasa Indonesia SMK Kabupaten Jombang saat itu menjadi kunjungan yang luar biasa. Baik bagi lembaga maupun peserta. Telah menjadi rutinitas bagi Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur menerima kunjungan dari beberapa lembaga maupun komunitas. Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur terus berusaha meningkatkan layanan demi perkembangan bahasa dan sastra di Jawa Timur. (ASM)

Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.