Balai Bahasa Jatim Laksanakan Sidang Komisi Bahasa Daerah

Sidoarjo – Jumat, 8 Juli 2022, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melalui Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur melaksanakan kegiatan Sidang Komisi Bahasa Daerah (SKBD) Hasil Inventarisasi Kosakata Bahasa Daerah (Using). Kegiatan ini bertujuan untuk memvalidasi sejumlah entri kosakata yang akan diusulkan menjadi ‘warga’ kosakata Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Sebanyak 500 kosakata diinventarisasi dari kegiatan pengumpulan data di Banyuwangi. Kosakata ini juga telah melalui tahapan verifikasi oleh narasumber ahli di bidangnya.

Kegiatan SKBD yang dilaksanakan pada tanggal 4–8 Juli 2022 ini dihadiri oleh Dr. Umi Kulsum, M.Hum. (Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur), narasumber dari  Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional Kamus dan Istilah (KKLP KI) dari Pusat Pengembangan dan Pelindungan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, yang diwakili oleh Bapak Dr. Adi Budiwiyanto dan Bapak Amat Triatna, S.S., Dr. Agus Mursidi (Universitas Banyuwangi), Minhajul Qowwim (Dewan Kesenian Blambangan), dan tim KKLP KI Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur.

Pada kegiatan yang berlangsung di Hotel Luminor Sidoarjo itu, para narasumber berkumpul untuk memvalidasi entri dan makna kosakata bahasa Using. Dari hasil validasi tersebut, 402 entri disetujui untuk dimasukkan ke KBBI. Usai melalui tahap validasi, kosakata tersebut akan melalui tahap revisi akhir sebelum diusulkan untuk memperkaya Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Selain melalui tahap inventarisasi data di lapangan, masyarakat umum dapat juga ikut serta mengajukan kosakata dalam bahasa daerah yang berpotensi memperkaya KBBI. Pengajuan ini dapat dilakukan secara daring melalui situs kbbi.kemdikbud.go.id. (ADS)

Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.