Jaga Bahasa: Pembinaan Literasi bagi Generasi Muda

Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur melalui KKLP Literasi dan IKA Dubas Jatim telah melaksanakan kegiatan pembinaan literasi dengan sasaran generasi muda. Kegiatan bertajuk “JAGA BAHASA: Pembinaan Literasi bagi Generasi Muda” mengambil tema Pengutamaan Penggunaan Bahasa Negara di Ruang Publik itu dilaksanakan bekerja sama dengan UINSA Surabaya, STKIP PGRI Jombang, dan UTM Bangkalan. Kegiatan JAGA BAHASA merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan dengan mengikutsertakan para Duta Bahasa Jawa Timur dalam kepanitiaan.

Kegiatan pertama, bertempat di UINSA Surabaya pada 14–15 Juli 2022 dan dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Adab dan Humaniora, Dr. Moh. Kurjum, M.Ag. sekaligus sebagai narasumber bersama Koordinator KKLP Pembahu, Dian Roesmiati, M.Hum. Kegiatan kedua JAGA BAHASA dilaksanakan 18—19 Juli 2022, bekerja sama dengan STKIP PGRI Jombang. Pada kesempatan itu, Koordinator Subbagian Umum BBPJT, Ary Setyorini, S.Pd. memberikan arahan didampingi oleh Wakil Ketua I STKIP, Dr. Heny Sulistyowati, M.Hum dan paparan tentang pengutamaan bahasa negara di ruang publik disampaikan oleh Koordinator KKLP Literasi, Amin Mulyanto, S.S.

Rangkaian kegiatan terakhir JAGA BAHASA, dilaksanakan pada 21—22 Juli 2022, bertempat di Ruang Rektorat UTM. Pada kesempatan itu, Kepala BBPJT, Dr. Umi Kulsum, M.Hum. memberikan arahan kepada para peserta untuk selalu bangga dan menjaga agar bahasa Indonesia senantiasa bermanfaat dan bermartabat, khususnya dalam jiwa para generasi muda. Kegiatan dibuka oleh Koorprodi FPBSI UTM Bangkalan, Bapak Wahid Khoirul Ikhwan dan narasumber pada kegiatan tersebut Dekan FPBSI, Dr. Hani’ah, M.Hum., serta Dian Roesmiati, M.Hum.

Duta Bahasa Jawa Timur yang terlibat sebagai panitia pada kegiatan JAGA BAHASA juga ikut memberikan kuis/gim kebahasaan dengan hadiah lawang buku terbitan BBPJT untuk peserta yang menjawab dengan cepat dan benar.

Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.