Penelaahan Terjemahan Naskah Cerita Anak

Sidoarjo – Salah satu tahap dalam kegiatan Penerjemahan Naskah Cerita Anak dari Bahasa Daerah ke Bahasa Indonesia yang dilakukan oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur tahun 2022 ini adalah penelaahan hasil penerjemahan. Naskah yanag ditelaah merupakan hasil terjemaahan yang dilakukan oleh 11 penerjemah yang lolos seleksi dan lima penerjemah dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur. 16 naskah terjemahan tersebut terdiri atas 11 cerita anak berbahasa Jawa, Tiga cerita anak berbahasa Madura, dan dua cerita anak berbahasa Using

Kegiatan yang dibuka oleh Dr. Umi Kulsum, M.Hum. tersebut dilaksanakan secara daring selama dua hari pada 18—19 Juli 2022. Dalam sambutannya Kepala BBP Jatim berharap penerbitan buku cerita anak ini dapat bermanfaat bagi perkembangan literasi. Selain itu kegiatan penerjemahan ini juga mendukung salah satu tugas BBP Jatim dalam merevitalisasi bahasa dan sastra daerah. Beliau juga menyampaikan apresiasinya kepada para penerjemah dan penelaah yang telah menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Penelaah pada kegiatan tersebut terdiri atas akademisi dan praktisi di bidang penerjemahan, antara lain Dr. Sugeng Hariyanto, Arif Subiyanto, M.A., Wawan Eko Yulianto, Ph.D., Dono Sunardi, M.A., Antariksawan Jusuf, dan Mahwiyanto. Dalam kegiatan ini para penerjemah dan penulis naskah cerita anak terpilih juga turut hadir.

Tahun 2022 KKLP Penerjemahan Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur menyelengarakan kegiatan Penerjemahan Naskah Cerita Anak dari Bahasa Daerah ke Bahasa Indonesia. Kegiatan diawali dengan seleksi penulis naskah cerita anak pada bulan Maret. Peserta yang lolos seleksi selanjutnya mengikuti bimbingan teknis penulisan cerita anak. Kegiatan bimtek ini diikuti oleh 25 orang peserta peserta dari berbagai wilayah di Jatim. Dari 25 naskah sastra anak tersebut, panitia memilih 16 untuk diterjemahkan, yang terdiri atas 11 cerita anak berbahasa Jawa, Tiga cerita anak berbahasa Madura, dan dua cerita anak berbahasa Using. Tahap selanjutnya adalah seleksi penerjemah 16 naskah cerita tersebut. Seleksi dilaksanakan secara daring pada bulan Mei.Maasih ada beberapa tahap lagi sebelum buku cerita anak ini siap diluncurkan di bulan Oktober. (DLW)

Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.