Gelar Bimtek Komunitas Penggerak Literasi, BBP Jatim Gandeng Komunitas Literasi di Seluruh Wilayah Jawa Timur

SIDOARJO – Dalam rangka meningkatkan kualitas komunitas penggerak literasi yang ada di Jawa Timur, Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur menggelar Bimbingan Teknis Komunitas Penggerak Literasi selama tiga hari (18—20 Agustus 2022). Bimtek yang diinisasi oleh KKLP Literasi Balai Bahasa Provinsi Jatim diikuti oleh 22 orang peserta  dari 11 komunitas literasi di Jawa Timur yang masuk kategori C.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Energyc, Hotel Luminor Sidoarjo ini dibuka oleh Kasubbag Umum Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur, Ary Setyorini, S. Pd. “Balai Bahasa memberikan wadah bagi para penggiat literasi untuk menambah wawasan serta meningkatkan kemampuan dasar untuk mengembangkan kemampuan literasi dalam suatu komunitas sejak dini,” ujar Ary Setyorini dalam sambutan pembukaan Bimtek, Kamis (18/8/2022).

Bimtek Komunitas Penggerak Literasi kali ini merupakan lanjutan dari bimtek pertama yang dilaksanakan pada bulan Mei lalu. Narasumber pada kegiatan Bimtek komunitas penggerak literasi ini terdiri atas para akademisi dan praktisi di bidang literasi, seperti Dr. Tengsoe Tjahjono, Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd., Solikhatul Fatonah Kurniawati, S.Psi. (Watik Ideo), Ariani Safitri, Wulansary, S. Sos., M. Hum., dan Willy Ariwiguna.

Koordinator KKLP Literasi BBP Jatim, Amin Mulyanto, S.S. mengatakan bahwa pada kegiatan Bimtek ini diharapkan para peserta lebih kritis terhadap informasi yang dibacanya. “Dengan kegiatan Bimtek ini, kami berharap para peserta semakin peka dan kritis terhadap kualitas informasi. Karena apa, kemampuan literasi itu titik tekannya kepekaan seseorang dalam menilai informasi,” jelasnya. Amin juga berharap, dengan hadirnya para narasumber yang kompeten di bidangnya, bimtek ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan literasi kita. (OKT)

Bookmark the permalink.

4 Comments

  1. Semua d ajak melek literasi kunitas literasi se-Jatim. Utk tampil sebagai penggerak d komunitasnya

  2. Acara menarik mohon Persatuan Penulis Indonesia SATUPENA JAWA TIMUR dilibatkan dalam Rangka memperkuat kecerdasan Para Pengurus SATUPENA JAWA TIMUR

    Atas kerjasama baiknya terima kasih

    Salam Kreatif Sepanjang Masa Succesfull

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.