Festival Musikalisasi Puisi bagi Siswa SMA/SMK/MA Tahun 2022

Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Festival Musikalisasi Puisi 2022 di Auditorium UIN Sunan Ampel Surabaya pada Rabu, 24 Agustus 2022. Festival yang diselenggarakan tiap tahun tersebut diperuntukkan bagi siswa SMA/SMK/MA se-Provinsi Jawa Timur. Peserta yang mengikuti festival tersebut sebanyak 13 tim dari berbagai daerah. Sebelumnya, sejumlah 13 tim tersebut diperoleh dari seleksi puluhan tim yang telah mendaftar sejak bulan Juli 2022.

Festival Musikalisasi Puisi dimulai pukul 08.00 dan dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UINSA Surabaya, Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag. Dalam sambutannya, Warek I UINSA tersebut mengatakan, “Festival Musikalisasi Puisi ini sangat penting. Terutama untuk melihat kemampuan siswa dalam bersastra dan bermusik.”

Dukungan UINSA Surabaya terhadap pelaksanaan Festival Musikalisasi Puisi tidak hanya sekadar tersedianya tempat kegiatan. Dukungan lain yang akan diberikan adalah memberi kesempatan masuk UIN Jalur Prestasi bagi siswa yang memperoleh pemenang pertama pada Musikalisasi Puisi 2022. Hal tersebut menjadi angin segar sekaligus memberi semangat para peserta untuk bersemangat dalam mengikuti Festival Musikalisasi Puisi.

Sebelum Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag., Kasubag Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur, Ary Setyorini, S.Pd. memberi sambutan. Pada kesempatan tersebut, Ary memberi ucapan selamat datang untuk seluruh tim di Festival Musikalisasi Puisi. “Bagi kami, seluruh tim yang hadir di Surabaya merupakan pemenang di antara puluhan tim yang telah mendaftar dari bulan Juli. Oleh karena itu, selamat datang dan selamat menampilkan performa terbaik kalian di Festival Musikalisasi Puisi 2022,” kata Ary Setyorini, S.Pd.

Festival Musikalisasi Puisi berjalan dengan baik, serta tiap tim tampil berdasarkan undian urutan tampil yang diperoleh saat registrasi. Dukungan Bapak/Ibu guru terhadap tim yang didampinginya juga terus diberikan. Dimulai dari memeriksa kelengkapan alat musik hingga memastikan tim siap tampil saat di panggung.

Pada pukul 13.30, para pemenang siap diumumkan oleh Dewan Juri yang terdiri atas, Drs. M. Amir Tohar, Nasar Albatiti, dan Agus R. Subagyo. Drs. M. Amir Tohar sebagai Ketua Dewan Juri Musikalisasi Puisi 2022 menjelaskan beberapa catatan untuk seluruh tim yang tampil. Beberapa tim harus memperhatikan keselarasan serta penampilan yang menyatu antara pemain satu dengan yang lain.

Pengumuman para pemenang tersebut dibacakan oleh ketiga juri secara berurutan. Pemenang I diraih oleh SMAN 2 Madiun dengan nilai 1188. Pemenang II diraih oleh SMAN 1 Pagak dengan nilai 1163. Pemenang III diraih oleh SMAN 1 Madiun dengan nilai 1148. Pemenang IV (Harapan I) diraih oleh SMAN 2 Bangkalan dengan nilai 1122. Pemenang V (Harapan II) diraih oleh SMAN 1 Dolopo dengan nilai 1104. Pemenang VI (Harapan III) diraih oleh SMAN 1 Geger dengan nilai Harapan 1068.

Apresiasi siswa terhadap puisi tampak sangat baik disampaikan melalui lantunan musik. Semangat untuk berkompetisi tampak dari wajah para peserta. Ajang Festival Musikalisasi Puisi ini merupakan bentuk pembinaan sekaligus pelindungan sastra oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur. (ASM)

Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.