STAF BBP JATIM TANTANG BUPATI LAMONGAN BACA PARIKAN

Lamongan, 26/10/2022 – Dalam rangka peringatan Hari Aksara Internasional ke-57 Tahun 2022, Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur kembali berpartisipasi dalam Pameran Pendidikan, Seni, dan Budaya. Peringatan HAI Tahun 2022 ini digelar di Lapangan Parkir Timur Wisata Bahari Lamongan dan dibuka secara langsung oleh Bupati Lamongan, Dr. Yuhronur Efendi, MBA.

Hari Aksara Internasional Tahun 2022 ini mengusung tema ‘Transformasi Literasi dalam Konteks Merdeka Belajar’. Dalam sambutannya Bupati Lamongan menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan Hari Aksara Internasional di Kabupaten Lamongan. Saat ini indeks kegemaran membaca (IKM) di Lamongan menempati angka 70,90 persen dan indeks pembangunan manusia bidang pendidikan mencapai 73,1 persen. Hal ini didukung oleh inovasi di bidang literasi yang diinisiasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan, yaitu Gerlamsesaku (Gerakan Lamongan Sehari Satu Buku). “Literasi yang tinggi akan menumbuhkan jiwa berkualitas dan berdaya saing kuat. Mari kita perkenalkan ragam literasi baru kepada generasi muda,” kata bupati yang akrab disapa Pak Yes ini.

Setelah acara pembukaan, Bupati Lamongan beserta istri didampingi oleh Wakil Bupati Lamongan beserta istri berkenan mengunjungi stand Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur. Tim BBP Jatim mengenalkan tusi BBP Jatim dan juga produk-produk serta layanan BBP Jatim. Pada kesempatan tersebut Pak Yes ditantang untuk membacakan salah satu parikan dalam buku Parikan Edan Suroboyoan yang diterbitkan BBP Jatim tahun 2014 dan beliau berkenan membacakannya.

Pak Yes mengunjungi stan BBP Jatim dan membaca majalah Ajisaka

Terdapat 54 stan pameran ragam literasi dan keaksaraan pada kegiatan yang digelar selama dua hari tersebut (26—27 Oktober 2022). Pameran itu merupakan hasil inovasi dan produk-produk literasi dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat yang ada di 38 Kota/Kabupaten di Jawa Timur. Selain Dinas Pendidikan provinsi dan kota/kabupaten, beberapa instansi seperti Dinas Perpustakaan Prov. Jatim, Kemenag Kanwil Jatim, Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur, dan juga beberapa instansi vertikal lainnya. Selain pameran, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan penampilan seni dari siswa PAUD hingga SMA se-Kabupaten Lamongan dan sarasehan literasi dengan narasumber Prof. Dr. Bagong Suyanto, M.Si., Bunda Baca Provinsi Jawa Timur, Ibu Wakil Gubernur Jawa Timur, Arumi Bachsin, dan Bunda Baca Kabupaten Lamongan, Ibu Bupati Lamongan, Anis Kartika.

Kegiatan yang sedianya akan ditutup oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, ini dimeriahkan oleh penampilan Band Letto. Dalam sambutan penutupan kegiatan HAI Tahun 2022, Asisten Pemerintahan dan Kesra Jatim, Drs. Benny Sampirwanto, M.Si., mengungkapkan bahwa sesuai denga tema HAI Tahun 2022 ini semangat menumbuhkan literasi dan menekan angka buta huruf harus terus dilakukan sebagaimana kurikulum merdeka belajar. “Pendidikan kunci peradaban pondasi SDM. Dengan pendidikan dan berliterasi kita bisa memperbaiki derajat kehidupan yang lebih baik,” kata Benny. Pada malam penutupan tersebut juga diserahkan secara simbolis penghargaan Abugerah Sutasoma oleh Bupati Lamongan kepada Dr. Sariban sebagai Guru Bahasa Indonesia Berdedikasi dan Kostela sebagai Komunitas Sastra Terbaik. (KU)

Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.