Sosialisasi UKBI Adaptif Merdeka dan Penandatanganan Rencana Kerja Sama di Uniwara Pasuruan

Rabu, 16 November 2022, Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur melakukan Koordinasi dan Sosialisasi UKBI di Universitas PGRI Wiranegara, Pasuruan. Kegiatan yang diikuti oleh dosen dan mahasiswa Pendidkan Bahasa Indonesia tersebut dilakukan secara bersemuka dan daring. Kegiatan tersebut dihadiri Rektor Uniwara, Dr. Darmono dan Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur, Dr. Umi Kulsum, M.Hum. Dalam sambutannya, beliau berdua saling mendukung kegiatan pengembangan dan pembinaan bahasa dan sastra.

Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan penandatanganan rencana kerja sama antara Pusat Pengembangan Laboratorium dan Bahasa Universitas PGRI Wiranegara dan Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur. Ruang lingkup kerja sama yang dilakukan adalah implementasi pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dan Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka; penyelenggaraan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI); pengembangan program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA); peningkatan kualitas sumber daya manusia/penyediaan tenaga ahli pada kegiatan seminar, lokakarya atau Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT); serta publikasi ilmiah.

Setelah pembukaan Sosialisasi UKBI Adaptif, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi UKBI Adaptif Merdeka yang dilakukan oleh Tim UKBI Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur. Penjelasan tentang UKBI Adaptif Merdeka dipaparkan oleh Siti Komariyah; prosedur pendaftaran UKBI dipaparkan oleh Wenni Rusbiyantoro, dan materi uji UKBI dipaparkan oleh Tri Winiasih. (TRI)

 

 

 

 

 

 

 

Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.