Majalah Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur Edisi Juli-Desember 2022

                 

     

Balai Bahasa Provinsi Jawa menerbitkan 3 majalah berbahasa daerah, 1 majalah beraksara Jawa, dan 1 majalah berbahasa Indonesia, yaitu:

  1. Jokotole, adalah majalah popular berbahasa Madura. Jokotole merupakan satu-satunya majalah berbahasa Madura di Indonesia yang diterbitkan oleh instansi pemerintah.
  2. Lontar Using, adalah majalah popular yang menggunakan bahasa Jawa dialek Using. Lontar Using merupakan satu-satunya majalah berbahasa Jawa dialek Using yang ada di Indonesia.
  3. Titis Basa, adalah majalah popular berbahasa Jawa krama. Titis Basa merupakan satu-satunya majalah berbahasa Jawa krama di Jawa Timur yang diterbitkan oleh instansi pemerintah.
  4. Ajisaka, adalah majalah popular berbahasa Jawa dan beraksara Jawa. Ajisaka merupakan satu-satunya majalah beraksara Jawa di Indonesia yang diterbitkan oleh instansi pemerintah.
  5. Panji Balai adalah majalah popular berbahasa Indonesia. Panji Balai merupakan satu-satunya majalah berbahasa Indonesia yang bertema khusus budaya lokal Jawa Timur dalam setiap edisinya.

Penerbitan majalah-majalah ini, selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Jawa Timur. Majalah-majalah tersebut spesial karena menggunakan bahasa daerah yang ada di Jawa timur dan dapat dikatakan langka karena menggunakan aksara Jawa.

Dengan adanya majalah berbahasa daerah dan beraksara Jawa, Balai Bahasa Jawa Timur turut melestarikan dan mengembangkan bahasa daerah, menyediakan bahan bacaan berbahasa daerah, dan melibatkan masyarakat untuk aktif sebagai penulis. Selain itu, Balai Bahasa Jawa Timur turut memperkenalkan budaya dan sastra yang ada di Jawa Timur kepada masyarakat.

Dalam proses kreatifnya, Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur melibatkan masyarakat untuk aktif sebagai penulis dan penyunting naskah majalah.

 

Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.