Di Penghujung Tahun, BBP Jatim Paparkan Capaian Kinerja

Sidoarjo, 28/12/2022 – Di penghujung tahun 2022 ini, Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan taklimat media tentang capaian kinerja Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur di tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan Rabu, 29 Desember 2022 dengan menghadirkan 10 awak media yang ada di Surabaya dan Sidoarjo. Berlangsung di Aula Jayabaya, BBP Jawa Timur, Dr. Umi Kulsum, M.Hum., Kepala BBP Jatim, didampingi oleh seluruh koordinator Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional, bagian keuangan, dan bagian perpustakaan memaparkan capaian kinerja BBP Jatim tahun 2022 ini.

Dr. Umi Kulsum, M.Hum. memaparkan capaian kinerja BBP Jatim Tahun 2022

Tahun 2022 ini menjadi tahun yang sangat luar biasa bagi seluruh warga BBP Jatim. Di tengah keriuhan persiapan perpindahan kantor, BBP Jatim berhasil memeroleh predikat ZI-WBK. Balai Bahasa Provinsi sudah memulainya dengan perolehan ISO-2008 pada tahun 2009 dan memulai mencanangkan ZI-WBK di tahun 2019. Setelah gagal mendapatkan predikat ZI-WBK di tahun 2020 dan 2021, pada tahun 2022 ini atas kerja keras pimpinan dan seluruh pegawai serta peningkatan kualitas layanan di BBP Jatim, akhirnya Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur memperoleh predikat ZI-WBK dari Kementerian PAN dan RB pada tanggal 6 Desember 2022. BBP Jatim merupakan salah satu dari tiga satker di Kemendikbudristek yang memperoleh predikat ZI-WBK. Perolehan predikat ini juga merupakan hadiah terbaik selama BBP Jatim menempati kantor di Siwalanpanji, Buduran, Sidoarjo, sebelum tahun 2023 akan pindah menempati Gedung baru di Gebang Putih, Sukolilo, Surabaya.

Wacana kepindahan kantor ke Gebang Putih di pertengahan tahun lalu tidak meyurutkan semangat warga BBP Jatim untuk terus berkarya. Untuk mendukung tugas dan fungsi BBP Jatim, pada tahun 2022 ini BBP Jatim meluncurkan empat inovasi layanan, yaitu BUTAPIN (Buku Tamu Pintar), LIBAS-T (Layanan Informasi Bahasa dan Sastra Terpadu), KOMDIK (Komunitas Digital Kreatif), Perpustakaan Digital, dan KASADA JATIM (Kamus Bahasa Daerah) Jawa Timur.

Meski masih dalam tahap pengembangan, keempat inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan yang prima kepada masyarakat Jawa Timur yang tersebar di 38 kota/kabupaten. Dengan adanya BUTAPIN diharapkan waktu tunggu penerima layanan yang datang di BBP Jatim akan semakin singkat karena telah terkoneksi langsung dengan whatsapp pegawai BBP Jatim yang dimaksud. Melalui LIBAS-T, mitra BBP Jatim yang tersebar di 38 kab/kota tetap dapat memperoleh  layanan secara maksimal tanpa harus datang langsung ke kantor BBP Jatim. Mitra BBP Jatim juga dapat memperoleh informasi peta persebaran penerima layanan. LIBAS-T menjadi layanan satu pintu untuk semua layanan di BBP Jatim, seperti UKBI, permintaan narasumber, saksi ahli, penerjemah, BIPA, magang dan kunjungan. KOMDIK (Komunitas Digital Kreatif), adalah aplikasi yang menyediakan data komunitas literasi di Jawa Timur dan peta persebaran komunitas literasi di Jawa Timur. Komdik juga menjadi wadah bagi komunitas literasi di Jawa Timur untuk saling bertukar informasi. Perpustakaan Digital BBP Jatim ini kami kembangkan sejak awal pandemi agar memberi kemudahan bagi pemustaka untuk membaca, meminjam atau mengunduh bahan pustaka yang dibutuhkan tanpa harus datang ke BBP Jatim. Selain itu kami juga menyediakan bahan Pustaka yang berupa buku audio yang bermanfaat bagi mitra balai yang tunanetra. Inovasi yang terakhir adalah KASADA JATIM. KASADA JATIM adalah aplikasi kamus digital bahasa daerah di Jawa Timur. Kamus digital ini memuat entri istilah kesenian di Jawa Timur.

Sejak tahun 2021 kebijakan pengembangan program dan penganggaran di lingkungan BPP Bahasa dan tiga puluh UPT balai dan kantor bahasa dikemas dalam kerangka kebijakan yang disebut dengan Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP). Kerangka kebijakan dalam bentuk KKLP ini merupakan platform program yang dibentuk berdasarkan fungsi, bukan struktur, yang lingkup kerjanya dari hulu sampai ke hilir dengan lima pilar program, yaitu analisis[1]sintesis, peningkatan kompetensi, publikasi, diseminasi, dan layanan profesional. Ada tujuh KKLP di BBP Jatim, yaitu Pelindungan dan Pemoderan Bahasa dan Sastra, Kamus dan Istilah, Literasi, Pembinaan dan Bahasa Hukum, UKBI, Penerjemahan, dan BIPA.

Kegiatan KKLP Pembinaan dan Bahasa Hukum pada tahun 2022 ini adalah pembinaan terhadap 45 lembaga, 1844 penutur bahasa terbina, Duta Bahasa, Festival Musikalisasi Puisi, dan Anugerah Sutasoma. Jumlah lembaga Lembaga terbina pada tahun 2022 ini adalah 45 lembaga (15 lembaga pemerintah, 20 lembaga pendidikan, dan 10 lembaga swasta). Terdiri atas wilayah provinsi dan 14 kab/kota di Jawa Timur. Tahun 2022: capaian yang dihasilkan 31,1 %, (14 lembaga yang melakukan perbaikan ruang publik dan surat dinas) sebagai berikut. Jumlah penutur terbina kemahiran kebahasaan dan kesastraan sudah tercapai. Bahkan, melebihi target yang ditetapkan. Target yang ditetapkan sejumlah = 378 orang/setahun. Sementara itu, kegiatan yang sudah dilakukan Tim Pembahu dalam penyuluhan (kelas daring) tahun 2022 mencapai 1844 orang.

Program kerja KKLP UKBI tahun 2022 ini antara lain telah memenuhi target dari PK Pimpinan. Jumlah peserta Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan yang signifikan. Sejak Januari hingga November 2022, jumlah peserta uji tercatat sejumlah 41.062 orang (tertinggi di antara satker Badan pengembangan dan Pembinaan Bahasa). Capaian PNBP Januari–November (yang tercatat di pusat Rp270.000.000, 1.518 peserta).

Sesuai dengan arahan Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa serta berpedoman kepada Juknis KKLP Penerjemahan Tahun 2022, KKLP Penerjemahan di tiap UPT,  yaitu  melakukan penerjemahan cerita anak dengan tema STEM (science, technology, engineering, dan math). Tahun 2022 ada 16 buku terjemahan cerita anak berbahasa daerah, (11 bahasa Jawa, 3 bahasa Madura, 2 bahasa Jawa dialek Using) yang telah diterbitkan dan didistribusikan ke seluruh perpustakaan daerah di Jawa Timur, sekolah, dan komunitas literasi yang ada di Jawa Timur.

Melalui KKLP Perkamusan dan Peristilahan, Badan Bahasa telah melakukan penyusunan dan pemutakhiran sejumlah produk perkamusan dan peristilahan. 500 entri terverifikasi oleh penutur jati bahasa Using, budayawan Banyuwangi, dan pekamus. 500 entri (100%) telah terunggah di Aplikasi Kompilasi Kamus   KBBI Daring 440 (diterima di KBBI) = 88% dari target usulan. KKLP Kamus dan Istilah juga mengembangkan Kamus Digital KASADA yang memuat entri istilah kesenian Jawa Timur.

Capaian di bidang anggaran juga sangat luar biasa. Target capaian SAKIP pada tahun 2022 ini telah terlampaui. Dari target nilai SAKIP BB, tim keuangan BBP Jatim telah dapat mencapai nilai A dengan realisasi anggaran 94,12%.

Tahun 2022 ini adalah tahun yang berat bagi seluruh warga BBP Jatim, namun kinerja BBP Jatim tidak surut. Semoga di tahun 2023 nanti prestasi yang diperoleh BBP Jatim lebih membanggakan lagi. (KU)

Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.