TIM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DAN MAJALAH JEJAK PENA SMA MAARIF NU PANDAAN BERKUNJUNG KE BBP JATIM

Surabaya, 24/01/2023 – Setelah libur akhir pekan yang cukup Panjang, hari ini Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur kembali beraktivitas dengan menerima kunjungan dari SMA Maarif NU Pandaan. Acara yang dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur, Dr. Umi Kulsum, M.Hum. ini dihadiri oleh 35 siswa dan 11 guru pendamping.

Pada kesempatan tersebut, juga dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama anatar Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur dengan Kepala Sekolah SMA Maarif NU Pandaan, yang diwakili oleh Kepala SMA Maarif NU Pandaan, H. Marianto, S.Pd.  Kepala BBP Jawa Timur berharap dengan ditandanganganinya kerja sama ini diharapkan gerakan literasi di SMA Maarif NU Pandaan semakin meningkatkan dan berkembang pesat. Kepala SMA Maarif NU Pandaan mengucapkan terima kasih dan apresisasi yang luar biasa karena diberikan kesempatan untuk menimba ilmu dan berkolaborasi di bidang literasi. Beliau berharap kerja sama ini membuahkan manfaat bagi perkembangan kebahasaan dan kesastraan di Jawa Timur.

Setelah penandatanganan perjanjian kerja sama, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang penguatan literasi oleh Amin Mulyanto, S.S. Koordinator KKLP Literasi BBP Jawa Timur ini menyampaikan bahwa BBP Jatim saat ini BBP Jawa Timur sedang mengembangkan aplikasi komdikbbjt.com yang berfokus gerakan literasi sekolah dan masyarakat. Amin menyampaikan bahwa saat ini keterlibatan gerakan literasi sekolah telah dilaksanakan oleh BBP Jawa Timur dengan SMAN 1 Sooko, Mojokerto. Dia juga mengajak tim gerakan literasi SMA Maarif NU Pandaan untuk berpartisipasi aktif dalam literasi dan mempublikasi karyanya di media sosial. Hal inidikarenakan, para siswa, generasi muda memiliki tingkat inovatif dan kreativitas yang tinggi.

Materi kedua disampiakn oleh Dian Roesmiati, M.Hum. Pimred majalah Panji ini memaparkan tentang isi majalah Panji, yang merupakan salah satu dari lima majalah terbitan BBP Jawa Timur. Majalah Panji adalah majalah popular berbahasa Indonesia yang berisi kumpulan artikel bahasa dan sastra, seperti essai, puisi, opini tentang bahasa Indonesia atau sastra, dan lain-lain. Wanita asli Mojokerto yang juga coordinator KKLP Pembinaan dan Bhasa Hukum ini juga menjelaskan tentang super aplikasi yang dimiliki oleh Badan Bahasa, yaitu Halo Bahasa. Di dalam aplikasi Halo Bahasa tersedia fitur UKBI, EYD, KBBI, SPAI dan lain sebagainya. Halo Bahasa selalu diperbaharui setiap adanya pembaharuan. Dengan adanya aplikasi Halo Bahasa

Pemaparan materi yang terakhir adalah tentang Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). Paparan disampaikan oleh Wenni Rusbiantoro, M.Hum. Anggota KKLP UKBI BBP Jawa Timur ini menyampaikan bahwa UKBI adalah alat uji yang mengukur kemahiran serta kecakapan seseorang dalam berbahasa indonesia. Pada UKBI Adaptif Merdeka, uji dapat dilaksanakan kapan saja dan dimana saja, karena saat ini tes UKBI dilaksanakan secara daring. Siswa-siswi yang akan mengikuti UKBI tidak dipungut biaya. (WR)

Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.