Sego Tempong khas Banyuwangi

Sego Tempong (Nasi Tempong) adalah salah satu makanan tradisional yang berasal dari Banyuwangi. Makanan ini disajikan dengan berbagai lauk pauk, lalapan dan sambal yang khas.

Nama sego tempong berasal dari kata “tempong” yang dalam bahasa osing berarti “tampar”. Makanan ini dinamakan demikian karena memang ciri khas dari sego tempong ini adalah sambalnya yang pedas seakan menampar mulut orang yang memakannya.  Awalnya sego tempong merupakan bekal yang dibawa oleh masyarakat Banyuwangi ke sawah. Sego Tempong biasanya disajikan dalam porsi besar, lengkap dengan lauk pauknya untuk menambah tenaga bagi para petani yang sedang berkerja di sawah.

Cita rasa sego tempong ini terletak di sambal tempongnya. Biasanya, sambalnya baru dibuat dan masih terasa nikmat ketika disajikan. Seporsi sego tempong biasanya disajikan dengan beraneka lauk pauk seperti tahu, tempe, ikan asin dan perkedel jagung dan dilengkapi dengan sayur bayam rebus, terong rebus, mentimun dan daun kemangi sebagai lalapan pendukungya. (DI)

Sumber : https://negerikuindonesia.com/2015/08/sego-tempong-makanan-tradisional-dari.html.

Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.