Implementasi Bantuan Pemerintah Bidang Kebahasaan dan Kesastraan, BBP Jawa Timur Menghadiri Kegiatan Musikalisasi Puisi Multigenre 7 Penyair Nasional

Sabtu, 23 September 2023, Balai Bahasa Provinsi Jawa (BBP Jawa Timur) menghadiri undangan dari Komunitas Masyarakat Lumpur, Bangkalan, Madura. Undangan tersebut merupakan implementasi Surat Keputusan tentang Penetapan Calon Penerima Bantuan Pemerintah Bidang Kebahasaan dan Kesastraan: Penguatan Komunitas Sastra Tahun 2023. Salah satu penerima bantuan pemerintah tersebut adalah Komunitas Masyarakat Lumpur. Kegiatan yang bertajuk Ghun-Tengghun Konser Musikalisasi Puisi Multigenre 7 Penyair Nasional tersebut digelar di Gedung Rato Ebuh, Bangkalan, Madura.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala BBP Jawa Timur, Dr. Umi Kulsum, M.Hum. Selain itu, kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangkalan, Bapak Mohammad Hasan Faisol, budayawan, dan sastrawan Bangkalan, serta generasi muda Bangkalan.

Kegiatan tersebut juga dimeriahkan oleh beberapa komunitas yang membawakan musikalisasi puisi dengan 7 genre. Puisi yang dibawakan berjudul (1) β€œDengan Puisi Aku” karya Taufiq Ismail yang dibawakan oleh Sanggar Teater Mutiara Bangkalan, (2) “Pertemuan” karya Goenawan Muhammad yang dibawakan oleh Grup Siring Bangkalan, (3) “Ibu” karya D. Zawawi Imron yang dibawakan oleh Paguyuban Seni Kopi Lembah Arobaya, (4) “Senja di Pelabuhan” karya Chairil Anwar yang dibawakan oleh Band Musik Gen Oz, (5) “Kupanggil Namamu” karya WS. Rendra yang dibawakan oleh Band Slayer Rasta, (6) “Aku Ingin” karya Sapardi Djoko Damono yang dibawakan oleh Sanggar Tarara, dan (7) “Jembatan” karya Sutardji Calzoum Bachri yang dibawakan oleh Band HexAZ.

Penampilan-penampilan musikalisasi tersebut dibawakan sesuai dengan kreasi dan kreativitas komunitas. Tampilan musikalisasi tersebut ditampilkan dalam berbagai genre musik, yaitu klasik, pop, balada, rock, dangdut, blues, dan reggae. (Mon)

 

Bookmark the permalink.

Comments are closed.