Kepala BBP Jawa Timur Hadiri Kegiatan Peningkatan Wawasan dan Kompetensi Pegawai di Lingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur

Selasa, 19 Desember 2023, Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur (BBP Jawa Timur) memenuhi undangan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Undangan tersebut berupa permohonan untuk menjadi narasumber pada kegiatan Peningkatan dan Kompetensi Pegawai di Lingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, yaitu materi Penyusunan dan Penulisan Naskah Dinas.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Narita, Kota Surabaya dan diisi langsung oleh beberapa narasumber. Narasumber yang pertama adalah motivator, Dr. Safiudin, dengan materi Rahasia Sukses Membangun ASN Ber-AKHLAK dan Berkinerja Unggul dan narasumber kedua adalah Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur, Dr. Umi Kulsum, M.Hum., yang mengupas Permendagri Nomor 1 Tahun 2023 tentang Tata Naskah Dinas yang sebagian besar sudah seturut dengan kaidah kebahasaan. Narasumber yang ketiga adalah dari BKD Provinsi Jawa Timur yang membahas Perencanaan dan Penyusunan Kebutuhan ASN. Narasumber selanjutnya adalah dari Biro Organisasi, Setda Provinsi Jawa Timur dengan materi Peran Core Values dalam Peningkatan Kinerja dan Budaya Kerja Ber-AKHLAK dan narasumber dari BPSDM Provinsi Jawa Timur dengan materi Pengembangan SDM unggul. 

Acara pembukaan dimulai dengan menyanyikan lagu ”Indonesia Raya” yang dilanjutkan dengan laporan ketua panitia, yang disampaikan oleh Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur dan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, Ir. Tiat S. Suwardi, M.Si. 

Pada paparannya, Ibu Umi menyampaikan bahwa Permendagri Nomor 1 Tahun 2023 tentang Tata Naskah Dinas yang menjadi acuan terkini. Sebelumnya berlaku Permendagri Nomor 54 Tahun 2009 tentang Tata Naskah Dinas. Dengan diberlakukannya Permendagri Nomor 1 Tahun 2023 secara otomatis Permendagri Nomor 54 Tahun 2009 tidak berlaku lagi.

Informasi lain yang disampaikan Ibu Umi adalah Permedagri Nomor 1 Tahun 2023 sebagian besar sudah seturut dengan kaidah bahasa, di antaranya tidak digunakan istilah asing, seperti website dan e-mail pada kepala surat dan juga penulisan NIP yang sesuai dengan kaidah kebahasaan, yaitu dengan huruf kapital semua tanpa titik atau titik dua.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur juga mengajak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk mendukung program BBBP Jatim dan bekerja sama dalam kegiatan terkait dengan literasi, pembinaan dan pengembangan bahasa dan sastra, baik Indonesia maupun daerah. Juga bekerja sama dalam pengembangan aksara dan manuskrip. (Mon)

Bookmark the permalink.

Comments are closed.