GETUK PISANG

Getuk pisang adalah salah satu makanan khas Kediri. Tidak seperti getuk pada umumnya yang biasa terbuat dari singkong, ubi atau sukun, getuk pisang ini terbuat dari pisang. Pisang yang digunakan merupakan jenis pisang raja nangka karena memiliki citarasa yang khas, berbeda dengan pisang pada umumnya. Rasa manis-asam yang khas dan teksturnya yang agak keras membuat jenis pisang ini tidak lembek ketika dikukus.

Getuk pisang mudah ditemui di toko penyedia oleh-oleh di sepanjang Jalan Yos Sudarso dan Jalan Patimura. Produk ini terbuat dari buah pisang yang ditumbuk kemudian dijadikan getuk yang dibungkus dengan daun pisang. Dalam proses pembuatannya, getuk pisang tidak menggunakan bahan pengawet sehingga aman dikonsumsi dengan masa kadaluarsa berkisar antara empat hingga lima hari.

Unit-unit usaha pembuatan getuk pisang tersebar di wilayah Kecamatan Kota, meliputi Kelurahan Jagalan, Kampungdalem, Pakelan, dan Kaliombo. Saat ini, getuk pisang yang dibuat oleh IKM di Kota Kediri telah menjangkau kota-kota lain di Jawa Timur. Beberapa unit usaha pembuat getuk pisang adalah Madu Manis No.16 (Kampungadelam), Rasa Manis (Kaliombo) Rojonongko, dan Dua Sisir (Singonegaran).

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Getuk_pisang
https://www.kedirikota.go.id/p/produk-unggulan/11138696/getuk-pisangΒ 

Bookmark the permalink.

Comments are closed.