Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur Siap Melakukan Kolaborasi dan Sinergi antar-UPT untuk Memajukan Pendidikan di Jawa Timur

Selasa, 13 Februari 2024, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur, Dr. Umi Kulsum, M.Hum. menghadiri Rapat Kolaborasi dan Sinergi antar-UPT: Rapat Koordinasi Program Merdeka Belajar dengan Kepala Dinas Pendidkan Provinsi Jawa Timur di ruang Wali Kota Batu. Kegiatan itu juga dihadiri tiga kepala lembaga di bawah Kementerian Pendidkan, Kebudayaan, Ristek, dan Teknologi di wilayah Jawa Timur, yaitu Sujarno, M.Pd., Kepala Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Timur; Drs. Abu Khaer, M.Pd., Kepala Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Timur; dan Dr. I Gusti Made Ardana, S.Pd,.M.T., Kepala Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika (BBPPMPV BOE) Malang.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dr. Aries Agung Paewai, S.S.T.P., M.M. yang juga menjadi Pj. Wali Kota Batu, menyambut rombongan dengan hangat. Rombongan dipersilakan menikmati hidangan makan siang sambil beramah-tamah. Pada acara inti, masing-masing kepala memaparkan program kerja lembaganya. Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur memaparkan 3 program prioritas serta 7 Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP), yaitu KKLP Perkamusan dan Peristilahan, Pembinaan dan Bahasa Hukum, Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), Literasi, Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), Penerjemahan, serta Pelindungan dan Pemodernan Bahasa dan Sastra.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur antusias terhadap program-program yang dipaparkan. Untuk memajukan pendidikan di Jawa Timur, Dr. Aries Agung Paewai, S.S.T.P., M.M. menyambut dengan baik rencana kolaborasi tersebut. β€œPendidikan di Jawa Timur harus mempunyai perencanaan yang baik, perlu dilakukan musrenbang yang harus dipersiapkan satu tahun sebelumnya” jelasnya. Dalam rapat tersebut disepakati untuk dilakukan pertemuan kembali dalam rangka pembuatan peta pendidikan dan pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang). Dengan sinergisitas antar-UPT, program kerja untuk memajukan pendidikan di Jawa Timur tidak akan tumpang tindih, tetapi akan saling melengkapi.

Bookmark the permalink.

Comments are closed.