Kepala BBP Jawa Timur Hadiri Kegiatan Rapat Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Nama Rupabumi

Surabaya, 19/02/2024 – Dalam rangka persiapan kegiatan Bimtek Penyelenggaraan Nama Rupabumi, Kamis, 15 Februari 2024, Kepala Balai Bahasa provinsi Jawa Timur, Dr. Umi Kulsum, M.Hum. memenuhi undangan Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Timur.Β  Rapat Persiapan Bimtek Rupabumi tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten melalui Biro pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur. Kegiatan rapat persiapan tersebut digelar oleh Sekretariat Daerah.

Bertempat di Ruang Rapat Wahono, Lantai 6 Kantor Gubernur Jawa Timur, Surabaya, rapat tersebut bertujuan untuk memberikan informasi dan persiapan terkait kegiatan Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Nama Rupabumi dan Pemanfaatan Data Nama Rupabumi di Provinsi Jawa Timur. Bimtek Penyelenggaraan Nama Rupabumi diselenggarakan dengan tujuan tersebut berupa (1) pemahaman konsep nama rupabumi (NRB) untuk memberikan pemahaman mendalam kepada peserta mengenai konsep dan pentingnya nama rupabumi sebagai sistem informasi geografis yang mencakup data geospasial dan atribut terkait; (2) standarisasi data geospasial untuk menetapkan standar yang jelas untuk data geospasial yang terdapat dalam nama rupabumi agar data tersebut dapat diakses, dipahami, dan dimanfaatkan dengan konsisten oleh berbagai pihak yang membutuhkan informasi geografis; (3) pemanfaatan data nama rupabumi untuk mengajarkan cara memanfaatkan data nama rupabumi di berbagai kepentingan, seperti perencanaan pembangunan, mitigasi risiko bencana, pemantauan lingkungan, dan lain sebagainya; dan (4) peningkatan kolaborasi antarinstansi untuk mendorong kerja sama antara berbagai lembaga dan instansi di Provinsi Jawa Timur, khususnya dalam pengelolaan dan pemanfaatan data nama rupabumi agar informasi geografis dapat diintegrasikan secara efektif untuk kepentingan bersama.

Pada kesempatan tersebut Kepala BBP Jawa Timur, Dr. Umi Kulsum, M.Hum. hadir sebagai salah satu peserta rapat karena BBP Jawa Timur merupakan salah satu Tim Pembakuan Nama Rupabumi Provinsi Jawa Timur. Kegiatan rapat bimtek juga dihadiri oleh perwakilan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur, perwakilan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Timur, perwakilan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air Provinsi Jawa Timur, perwakilan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Timur, perwakilan Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Provinsi Jawa Timur, perwakilan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur, perwakilan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, perwakilan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, perwakilan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, dan perwakilan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur.

Kehadiran BBP Jawa Timur dalam kegiatan ini merupakan salah satu bentuk keterlibatan dan peran aktif BBP Jawa Timur dalam upaya penamaan rupabumi yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta sebagai wujud memenuhan slogan Bermartabat dan Bermanfaat. (Mon)

Bookmark the permalink.

Comments are closed.