Tingkatkan Kompetensi dan Kualitas Komunitas Penggerak Literasi di Wilayah Jawa Timur, BBP Jatim Laksanakan Bimbingan Teknis Komunitas Penggerak Literasi

Rabu, 28 Februari 2024, Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur (BBP Jawa Timur) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Komunitas Penggerak Literasi. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 28 Februariβ€”1 Maret 2024 di The Sun Hotel Madiun. Tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah sebagai upaya untuk memberikan pemahaman, wawasan atau materi, serta strategi agar komunitas yang ada di Jawa Timur dapat terus berkembang sesuai dengan standar yang ada, seperti legalitas organisasi, bentuk kerja sama yang harus dilakukan, karya atau progam yang harus dihasilkan, struktur organisasi serta kepengurusan, keberadaan pojok baca atau referensi bacaan, dan lain-lain.

Kegiatan selama tiga hari tersebut dihadiri oleh Tim KKLP Literasi BPP Jatim, yaitu Amin Mulyanto, S.S., Yuyun Kartini, S.Pd., Wahyu Hariyanto, Adista Nur Primantari, S.S., M.A., Duta Bahasa Irene Theofine sebagai moderator, 24 peserta bimtek dari 12 komunitas penggerak literasi serta lima narasumber.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala BBP Jawa Timur, Dr. Umi Kulsum, M. Hum. Dalam sambutannya, Ibu Umi memberikan apresiasi kepada 24 peserta bimtek yang berasal dari 12 komunitas literasi. Komunitas tersebut adalah Rumah Baca Sahabatku (Mojokerto), TBM Alam Riang (Jombang), TBM Bahagia (Magetan), Taman Baca Anak Pertiwi (Lamongan), TBM Kartika (Bojonegoro), TBM Dwija (Tulungagung), Rumah Cahaya Untukmu (Malang), Teras Baca Lentera Kita (Nganjuk), TBM Nusantara (Madiun), Komunitas Literasi Pinggir Kali (Blitar), Rumah Baca Mentari (Gresik), dan Pustaka Gerilya (Ponorogo).

Apresiasi tersebut disampaikan atas kerja sama dan kehadiran para peserta dalam acara tersebut dan menyatakan bahwa BPP Jatim dan komunitas harus bersinergi mengembangkan literasi di Jawa Timur. Beliau juga menekankan bahwa bimtek ini merupakan langkah Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur dalam upaya memfasilitasi pengembangan dan pembinaan literasi di Jawa Timur.

Narasumber pertama adalah Sinta Nuzuliana S.S. dari Perpustakaan Daerah Kota Madiun. Materi yang disampaikan oleh Ibu Sinta yaitu terkait Pengelolaan Buku dan Pojok Baca/Perpustakaan Komunitas. Narasumber kedua adalah Satyo Naresworo, S.IP. dari Dinas Kominfo Kota Madiun. Materi yang disampaikan oleh beliau bertajuk Cerdas dan Bijak dalam Berliterasi Digital. Narasumber ketiga adalah Dr. Sutejo, M.Hum. dari STKIP PGRI Ponorogo. Materi yang disampaikan Bapak Sutejo terkait tentang Membaca dan Menulis untuk Kecakapan Hidup. Narasumber keempat adalah Rafif Amir yang merupakan Sekjen BPP FLP. Beliau menyampaikan materi tentang Penulisan Kreatif Nonfiksi Berbasis Hasil Bacaan.

Paparan materi terakhir disampaikan oleh Azis Arief Anggara dari RBA Malang. Beliau membahas penyusunan program, penguatan manajemen, dan praktik baik di komunitas literasi dengan menyampaikan tayangan bertajuk Komunitas Literasi yang Bertumbuh Melalui Penguatan Manajemen dan Program yang Berkualitas.

Kegiatan bimtek ditutup pada Jumat, 1 Maret 2024 oleh Dr. Umi Kulsum, M. Hum. Pada acara penutupan tersebut, Ibu Umi mengharapkan agar pengelola komunitas literasi yang ada di Jawa Timur agar terus mengembangkan komunitas literasinya sesuai dengan standar yang sudah ada

Bookmark the permalink.

Comments are closed.